Viral Video Prajurit TNI AU Kecelakaan Terjun Payung di Bandung

Bandung

Viral video amatir merekam insiden parasut prajurit TNI tak mengembang di udara hingga jatuhnya sang prajurit. Kejadian tersebut terjadi di Bandung.

Dilansir detikNews, Kepala Penerangan Kopasgat, Kolonel Gunawan membenarkan kejadian tersebut. Dia menjelaskan, insiden tersebut terjadi saat kegiatan terjun payung yang dilakukan prajurit TNI Angkatan Udara.

“Betul ada kejadian bahwa salah satu siswa kita, dalam rangka mengikuti kegiatan latihan materinya Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat), itu ada insiden,” kata Gunawan saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (9/11/2022).



“1.600 feet (ketinggian saat terjun payung),” imbuh Gunawan saat ditanya soal ketinggian pesawat saat prajurit melakukan terjun payung.

Gunawan menjelaskan, dalam proses latihan, pihaknya telah melakukan tahapan teknis sesuai dengan aturan termasuk memeriksa kondisi, tata cara melipat parasut.

“Artinya semua itu kan tidak ada unsur kesengajaan ya, karena semua sudah melalui suatu teknisi yang berkenaan dengan penggunaan payung ya,” jelas Gunawan.

“Semuanya sudah melalui suatu tahapan mempelajari, melipat payung, dan lain-lain, tentu kan melalui satu pengawasan pelatih yang ahlinya berkaitan dengan kelayakan dari payung itu,” tambah Gunawan.

Gunawan mengatakan, prajurit tersebut sudah berulang kali melakukan terjun payung. Terjun payung sendiri merupakan materi pendidikan yang sifatnya lanjutan di Kopasgat.

“Dia sudah berulang kali melakukan hal yang sama. Pada tahapan latihan ini mereka sudah melampaui beberapa kegiatan yang kita sebut pendidikan paradasar ya. Dia sudah dinyatakan lulus,” jelas Gunawan.

“Kemudian ini adalah materi kegiatan pendidikan di Kopasgat yang sifatnya lebih lanjut,” sambung Gunawan.

Artikel ini telah tayang di detikNews dengan judul Parasut Tak Mengembang, Prajurit TNI AU Jatuh dari Ketinggian 1.600 Kaki

(iqk/iqk)

Leave a Comment