Viral Video Pengantin Wanita Kesurupan di Pelaminan, Begini Menurut Kedokteran Jiwa

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah video mengenai pengantin wanita kesurupan viral di media sosial. Fenomena tersebut diduga terjadi di daerah Jawa Barat.

Dalam sebuah video viral berdurasi kurang lebih 19 detik tampak seorang pengantin wanita tetiba menggerakkan badan mengikuti iringan musik daerah dengan tatapan wajah kosong. Gerakannya seperti tak terkontrol, terkadang ekspresi wajahnya menunjukkan senyum.

Beberapa pria, termasuk mempelai pria, berusaha mengendalikan gerakan pengantin wanita itu dan membawanya turun dari pelaminan.

Video singkat itu ditonton lebih dari 1.700 kali sejak diunggah pada 26 September 2022 sore.

Fenomena kesurupan atau kerasukan arwah adalah bagian dari tradisi kepercayaan di masyarakat, dr Andri, Sp.KJ, FAPM, mengatakan hal itu tidak ditemukan dalam ilmu kedokteran.

“Kalau di dalam ilmu kedokterjan jiwa ya sebenarnya tidak ada,” ujar Andri, dikutip dari kanal Youtube pribadinya @Andri Psikosomatik.

Pada praktiknya, sebut Andri, fenomena trans atau kesurupan itu dalam bidang kedokteran jiwa disebut sebagai dissociative trans disorder

“Ada suatu gejala yang mirip dengan kesurupan atau atau possesion itu dan biasanya ini memang terkait dengan pengalaman traumatik yang banyak terkait dengan masalah traumatik di masa kecil,” jelas dokter yang praktik di RS EMC Alam Sutera ini.

Pada dasarnya dissociative trans disorder adalah gangguan mental. Andri mengatakan, ada semacam gangguan mental di balik aksi trans atau kesurupan.

“Ketika kita sangat cemas atau memiliki kecemasan berat, kita dapat terhubung dengan fenomena itu,” ujarnya. 

 

Leave a Comment