Viral Tips Uang Kertas Direndam hingga Disetrika biar Bagus, Emang Boleh?

Jakarta

Viral video seseorang di Twitter yang membagikan tips mengubah uang kertas yang kusam menjadi bagus kembali. Uang kertas yang dicontohkan dalam video tersebut beberapa lembar uang kertas pecahan Rp 2.000.

Video yang dibagikan oleh salah satu akun Twitter @txt****, tips tersebut bukan menukarkan uangnya ke Bank Indonesia. Melainkan dengan berbagai macam cara seperti pertama merendam uang di air dan kemudian dicampur dengan sabun.

“Rencam pakai sabun, bisa sabun apa saja.. aku pakai sabun cuci piring,” tulis keterangan di video tersebut, dikutip Jumat (4/11/2022).

“Diamkan 10-15 menit, kalau sudah gosok-gosok sebentar terus tiriskan,” lanjut keterangan video itu.

Berdasarkan cuplikan di video tersebut, setelah direndam lembaran uang kertas pecahan Rp 2.000 itu dibilas beberapa kali. Kemudian terakhir di jemur.

Tetapi pemilik video itu mengeringkannya dengan cara yang cepat yakni dengan diletakkan di atas alat memasak nasi atau rice cooker. Barulah terakhir masing-masing uang kertas itu disetrika.

Unggahan itu pun menyita perhatian warganet di Twitter. Video itu mendapatkan reply sebanyak 94 akun, retweet 163 dan likes 155.

Bank Indonesia (BI) pun menanggapi video yang viral tersebut. Pihak BI menerangkan bahwa apa yang dilakukan di video tersebut tidak boleh dilakukan.

“Duh, jangan dilakukan ya #SobatRupiah. Yuk, sama-sama kita #RawatRupiah dengan menerapkan 5J (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi)” tulis akun Twitter @bank_indonesia.

(ada/eds)

Leave a Comment