Viral Perusahaan Pasang CCTV di Kamar Mandi Demi Pantau Karyawan di Toilet : Okezone Lifestyle

PERUSAHAAN di Cina satu ini, ramai diberitakan tengah ramai mendapatkan kecaman publik karena memasang memasang kamera pengintai CCTV di toilet.

Bagaimana tidak, pasalnya perusahaan teknologi di Xiamen, Provinsi Fujian, tersebut disebutkan sengaja memantau karyawan mereka saat istirahat ke toilet diduga untuk memonitor penggunaan ponsel selama istirahat di kamar mandi, seperti dilansir dari Oddity Central, Selasa (27/9/2022).

Foto-foto tangkapan layar karyawan sedang di toilet yang diambil dari rekaman kamera kamar mandi di kantor ini pun beredar viral di linimasa media sosial Cina.

Tak lama setelah viral di dunia maya, ada netizen yang mengenali latar belakang kamar mandi tersebut sebagai toilet dari Perusahaan China Aviation Lithium Battery Technology Co., Ltd. di Xiamen, sebuah perusahaan milik negara yang mengkhususkan diri dalam produksi baterai lithium.

(Foto: Oddity Central)

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Sejauh ini, sudah ada dua karyawan yang dipecat, dan karyawan yang dipukul dengan hukuman berat dan skor kinerja bulanannya dipotong menjadi nol karena rekaman saat istirahat ke toilet tersebut. China Aviation Lithium Battery Technology Co., Ltd mengklarifikasi bahwa kamera pengintai tersebut baru dipasang tahun ini, dengan tujuan semata-mata hanya untuk memantau karyawan yang merokok di toilet kantor.

Terlepas dari motif perusahaan, tindakan memasang kamera pengintai di bilik toilet ini ramai menuai komentar negatif dari netizen.

“Ya Tuhan! Apa kabar dengan privasi?” tanya seorang pengguna Weibo.

“Mereka memperlakukan orang seperti binatang, tanpa rasa hormat dan kemanusiaan sedikit pun,” komentar netizen lain.

Sebagai tindak lanjut, saat ini Brigade Pengawasan Keamanan Tenaga Kerja Distrik Xiamen Xiang’an sedang melakukan penyelidikan kasus ini. Para ahli hukum, mengklaim perusahaan perlu dimintai pertanggungjawaban karena pemasangan kamera di area non-publik toilet sangat melanggar privasi karyawan.

Leave a Comment