Viral Penampakan Pasien ‘Timbun’ Batu Kandung Kemih 4 Tahun, Ini Gejalanya

Jakarta

Baru-baru ini viral perawat menunjukkan hasil operasi mengeluarkan batu kandung kemih. Sejumlah netizen dibuat salah fokus lantaran jumlah batu yang ‘mengendap’ di tubuhnya sangat banyak.

Menurut Fuji Assahar, perawat Aceh yang membagikan potret tersebut, pemicu batu kandung kemih diakibatkan salah satu kebiasaan pipis.

“Jadi ini adalah batu kandung kemih yang diambil dari tubuh pasien. Nah salah satu penyebab munculnya batunya adalah akibat pengosongan kandung kemih yang tidak baik atau pipisnya tidak lampias,” sambung dia.

Apa gejala seseorang yang memiliki batu kandung kemih?

Dikutip dari NHS, batu kandung kemih merupakan gumpalan keras mineral yang bisa terbentuk dalam kandung kemih saat tak sepenuhnya kosong dari urine. Pasien mungkin saja tidak mengalami gejala. Namun, kebanyakan dari mereka, mengalami gejala karena batu mengiritasi dinding kandung kemih atau menghalangi aliran urine.

Gejala khas batu kandung kemih meliputi:

  • Sakit perut bagian bawah, yang seringkali bisa parah (pria mungkin juga mengalami rasa sakit di dalam atau di sekitar penis mereka).
  • Rasa sakit atau kesulitan saat buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering (terutama di malam hari)
  • Urine keruh atau berwarna gelap
  • Darah dalam urine.

Kondisi batu kandung kemih lebih sering terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas dan berkaitan dengan pembesaran prostat. Namun, baik pria maupun wanita bisa mendapatkan kondisi batu kandung kemih.

Meski begitu, kasus semacam ini jarang menyerang anak-anak. Sebagian kecil kasus batu kandung kemih pada anak memicu sering ngompol, hingga priapisme.

Simak Video “Perjuangan Bocah Sulsel Lawan Penyakit Langka Sejak Lahir
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)


Leave a Comment