Viral Pasien ‘Timbun’ Batu Kandung Kemih Selama 4 Tahun, Ini Penampakannya

Jakarta

Viral perawat asal Aceh membagikan penampakan pasien yang memiliki batu kandung kemih. Pasien disebut sudah mengalami gejala lebih dari empat tahun.

Setelah diperiksa dan dilakukan penanganan, terungkap batu sudah memenuhi kandung kemihnya, dengan jumlah sangat banyak. Batu-batu tersebut sekilas bahkan tampak seperti batu hias pada umumnya.

Tidak sedikit yang akhirnya mempertanyakan bagaimana batu bisa ‘mengendap’ di tubuh sebanyak itu. Fuji Assahar menjelaskan batu muncul akibat sisa-sisa urine di kandung kemih yang tak kunjung keluar, lama kelamaan saling menempel dan mengeras.

“Pasien dengan batu kandung kemih, pasien merasakan hal ini sudah 4 tahun lamanya, dan lihat batu yang sudah diangkat dari kandung kemih pasien, Banyak banget yaa,” jelas Fuji, dalam akun TikTok pribadinya @fujiasshar, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Kamis (22/9/2022).

“Jadi ini adalah batu kandung kemih yang diambil dari tubuh pasien. Nah salah satu penyebab munculnya batunya adalah akibat poengosongan kandung kemih yang tidak baik atau pipisnya tidak lampias,” sambung dia.

Penampakan batu tersebut menurut Fuji serupa dengan yang ditemui pada pasien batu ginjal. Ukurannya disebut Fuji berisiko lebih besar, khususnya pada orang yang malas minum air putih.

Ia berpesan, untuk minimal membiasakan minum dua liter air per hari. Hal ini demi memastikan seluruh racun di tubuh keluar melalui urine.

“Sama halnya seperti batu ginjal, kalau dibiarkan lama-lama ukurannya akan menjadi lebih besar dan banyak terutama kamu yg malas minum air putih,” terang dia.

“Sepele sih tapi air minum putih ini sangat penting,” pesan dia.

Belum disebutkan penyebab pasti pasien memiliki batu kandung kemih dalam jumlah banyak, tetapi masyarakat disarankan untuk tidak sering menahan pipis.

Simak Video “Menakuti Bocah Pakai Suara ‘Cekikikan’ Hantu Bisa Timbulkan Trauma
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)


Leave a Comment