Viral Modifikasi MCB Agar Biaya Cas Mobil Listrik di Rumah Tak Mahal

Jakarta, CNN Indonesia

PLN memberikan keringanan kepada seluruh pengguna kendaraan listrik berupa diskon 30 persen saat melakukan pengecasan di rumah. Bagaimana cara mendapatkannya?

Umumnya, diskon ini hanya berlaku buat pelanggan pasca bayar atau sistem abodemen. Namun netizen ini membeberkan cara pelanggan pra bayar atau sistem token pemilik kendaraan listrik yang berharap diskon dari PLN.

Perlu dipahami, diskon tarif tenaga listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 WIB – 05.00 WIB. Jadi, jika tarif normal Rp1.450 per kWh, usai didiskon menjadi Rp1.100 per kWh.

Salah satu pengguna media sosial Tiktok, yang merupakan pemilik mobil listrik Hyundai Ioniq 5, Insan Mahaputra menjelaskan untuk mendapat diskon yaitu dengan menghubungi call center PLN.

Ia bercerita instalasi listrik rumah yang ia gunakan jenis pra bayar, maka harus menggunakan peralatan tambahan bernama wireless extender yang terhubung dengan wall charger.

Wall charger yang terhubung dengan boks listrik butuh minimal daya minimal 6.600 Watt untuk melakukan pengisian secara maksimal.

Sederhananya, wireless extender itu berfungsi untuk memberikan sinyal internet ke mesin charger yang diintegrasikan ke sistem listrik PLN. 

Dengan begitu setiap pengguna melakukan pengecasan mobil listrik di rumah, secara otomatis tarifnya akan dikenakan diskon 30 persen.

“Ya khususnya di jam 10 malam sampai 5 pagi potongannya 30 persen. Jadi yang tadi butuh 10 kwh, ini jadi 7 kWh. Lumayan banget kan,” ucap dia.

Sebelumnya,Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan saat ini PLN sudah menyiapkan infrastruktur dan layanan pendukung untuk menjawab kebutuhan pengguna kendaraan listrik.

Selain diskon, ia bilang untuk memudahkan pengisian daya kendaraan listrik, PLN juga menyiapkan layanan pendukung home charging beserta instalasi charging kendaraan listrik di rumah pelanggan.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]


Leave a Comment