Viral Ketua MRP Temui PBB di Swiss untuk Perjuangkan Kebebasan Papua

Jayapura

Viral di media sosial Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menemui pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss untuk memperjuangkan kebebasan Papua. Aksi Timotius tersebut menuai sorotan.

Dalam video beredar, terlihat sosok Timotius Murib merekam video dengan latar mirip halaman depan kantor PBB di Jenewa, Swiss. Dia lalu menjelaskan waktu setempat sedang menunjukkan pukul 3 sore.

Timotius menjelaskan agendanya ke kantor PBB tersebut dalam rangka perjuangan kebebasan Papua agar sama dengan bangsa-bangsa lainnya. Terlihat sosok Timotius sedang mengenakan setelan jas.

“Waktu Swiss pukul 3 sore. Baru selesai dari Komisi Tinggi PBB,” ujar Timotius seperti dilihat detikcom dalam video beredar.

“Dan hari ini kami sedang berjuang bagaimana mendapatkan kebebasan west Papua untuk bisa berdiri beserta dengan teman-teman bangsa yang lain. Tuhan yang tahu agenda ini, tetap berjuang. Haleluya, aamiin,” sambungnya.

Belum diketahui pasti kapan video tersebut diambil. Namun saat ini menjadi viral sejak dibagikan oleh akun tiktok quche68putanobois, Minggu (13/11) kemarin.

Video itu telah dikomentari kurang lebih 1000 komentar dan disukai sebanyak 8.668 kali serta dibagikan sebanyak 583 kali.

detikcom mengkonfirmasi Timotius Murib perihal video beredar tersebut. Hanya saja yang bersangkutan belum memberikan konfirmasi lebih lanjut.

Kapolda Papua Buka Suara

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri turut buka suara terkait video Tomotius. Dia mengaku menyayangkan adanya perkataan Timotius soal kebebasan Papua.

Menurut Mathius, jabatan yang disandang Timotius Murib saat ini berasal dari Undang-undang. Kini aparat kepolisian tengah melakukan pemantauan terhadap aktivitas Timotius Murib.

“Sangat disayangkan. Kalau itu bagi saya sangat disayangkan,” ujar Mathius kepada wartawan di Jayapura, Senin (14/11/2022).

“Nanti teman-teman wartawan juga bisa tanya ke beliau langsung kenapa bisa salah kata begitu,” sambung Mathius.

Simak Video “Tito Resmikan 3 Provinsi Baru di Papua dan Lantik Pj Gubernur
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)

Leave a Comment