Viral Hujan Es di Kendal, Begini Penampakannya

Viral Hujan Es di Kendal, Begini Penampakannya
Hujan es di Kendal. ©Instagram/@batang.update

Merdeka.com – Pada September ini, banyak wilayah di Indonesia yang sudah masuk musim hujan. Salah satunya adalah wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Tak tanggung-tanggung, di tempat itu terjadi cuaca ekstrem. Kondisi ini ditandai dengan turunnya hujan dengan cukup lebat. Saking lebatnya, hujan itu turun dalam bentuk butiran es.

Belum lama ini fenomena alam terjadi di Kendal. Viral sebuah video hujan deras disertai butiran es. Lantas seperti apa penampakan hujan es di Kendal? Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Hujan Es di Kendal

hujan es di kendal

©Instagram/@batang.update

Dalam sebuah video viral yang diunggah akun Instagram @batang.update pada Jumat (23/9), tampak hujan es terjadi di Kendal. Bahkan seorang warga membuktikan sendiri kalau hujan yang turun itu bukan air yang telah mencair melainkan es.

“Gaes, hujan es gaes. Hujan es. Sumpah kuwi es, sumpah kuwi es,” teriak seorang warga dalam video itu.

3 dari 4 halaman

Fenomena Langka

hujan es di kendal

©Instagram/@batang.update

Dilansir dari akun Instagram @batang.update, hujan es yang terjadi di Kendal itu termasuk fenomena langka. Tepatnya, fenomena itu terjadi di wilayah Kaliwungu Selatan hingga Kendal Kota. Hujan es itu terjadi pada Jumat (23/9) malam pukul 19.00 WIB.

Salah seorang warga yang merasakan hujan es itu mengaku rumahnya serasa dilempari kerikil. Banyak warga yang panik dan ketakutan karena bunyi air di atas genteng suaranya cukup keras.

4 dari 4 halaman

Reaksi Warganet

hujan es di kendal

©Instagram/@batang.update

Video ini viral dan dibanjiri komentar warganet. Beberapa dari mereka mengatakan adanya hujan es itu menandakan iklim di dunia ini sudah tidak stabil.

Hailstorm. Tondo iklim wes ora stabil,” tulis @mfatkhulaziz.

Kui dikarnakan suhu di daerah Kendal mungkin dingin dan terjadinya hujan es itu sendiri dikarenakan suhu yang dingin sehingga saat air hujan turun air itu akan terkena suhu dingin dan berubah menjadi butiran es. Itu yang saya tahu maaf jika salah,” tulis @newalridaafin.

Gari nambahi sirup tok kuwi aah,” tulis @watek_japanese.

[shr]

Leave a Comment