Viral Buto Gedruk di Festival Halloween Jepang, Ternyata Kreasi Pemuda Klaten

Klaten

Peserta festival Halloween berkostum dan tari buto gedruk atau rampak buto di Jepang, viral di media sosial. Siapa sangka, ada pemuda asal Klaten di balik topeng buto itu.

Adalah Deni Ramadhan (23), warga Kecamatan Manisrenggo, Klaten, yang memakai kostum buto gedruk itu. Dengan kostum dan tari buto gedruk atau rampak buto, peserta magang kerja itu membuat khalayak di Osaka geleng-geleng kepala.

“Kalo orang-orang Jepang banyak yang terheran-heran dan minta foto. Tapi banyak juga yang takut, tapi mereka mengapresiasi, mungkin bahasa Indonesianya keren gitu mas,” ungkap Deni kepada detikJateng, Jumat (4/11/2022) siang.



Deni menceritakan, festival Halloween itu diikutinya pada tanggal 29 Oktober lalu. Festival digelar di kawasan Dotonburi Mamba, Osaka.

“Saya memakai kostum gedruk itu tanggal 29 Oktober lalu di kawasan Dotonburi Namba Osaka saat Halloween. Saya tinggal dan bekerja di Jepang pada program magang Jepang sejak 2019,” jelas Deni.

Menurut Deni, aksinya menggunakan kostum dan tari buto gedruk sudah direncanakan sejak lama. Tapi baru terealisasi tahun ini.

“Saat dari pertama liat Halloween di Jepang langsung kepikiran pakai kostum gedruk. Tapi baru kesampaian sekarang dan kebetulan dari saya kecil suka kesenian jathilan dan gedruk tersebut,” papar Deni.

Untuk mewujudkan niat itu, sambung Deni, dirinya meminta kiriman kostum ke temannya dari Sleman. Kostum tersebut dikirimkan melalui paket ke Jepang.

“Kostum pesan dari temen seniman dari Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kostum paketin ke sini (Jepang),” lanjut Deni yang warga asli Dusun Bendan, Kecamatan Manisrenggo, Klaten.

Aksi Deni tersebut juga viral di media sosial setelah diunggah di akun Instagram kabar_klaten. Unggahan tersebut telah ditanggapi 7.351 kali dengan 118 komentar.

Deni saat aksi Buto Gedruk di festival Halloween Jepang.Deni saat aksi Buto Gedruk di festival Halloween Jepang. Foto: dok. Deni Ramadhan

Simak Video “Sopir Panik Diteriaki Maling, Mobil Terguling di Sungai
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)

Leave a Comment