Viral Avanza Masuk Kendaraan Golongan II di Tol Kelapa Gading

Jakarta

Sebuah postingan viral di media sosial terkait tarif tol di Gerbang Tol (GT) Kelapa Gading. Mobil Toyota Avanza yang seharusnya dikenai tarif kendaraan golongan I malah dikenai tarif golongan II.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (19/9) sekitar pukul 08.45 WIB. Seorang pengendara mengeluh lantaran mobil Avanza yang ia kendarai dikenai tarif Golongan II, yang mana harusnya adalah Gologan I.

“Bagi teman-teman masuk Tol Kelapa Gading, hati-hati, perhatikan biaya karcis tolnya. Sesuaikan biayanya dengan golongannya. Mobilnya Avanza masuk golongan II bayarannya,” ujar pria dalam rekaman video di media sosial.

Terkait hal itu, pengelola Tol Kelapa Gading, PT Jakarta Tollroad Development (JTD), buka suara. PT JTD Jaya Pratama meminta maaf.

“Atas kejadian di atas tersebut, kami memahami ketidaknyamanan yang dialami pengguna jalan. Untuk itu, PT JTD Jaya Pratama selaku pengelola jalan Tol Ruas Kelapa Gading-Pulogebang menyampaikan permohonan maaf untuk ketidaknyamanan yang dialami pengguna jalan,” demikian pernyataan JTD melalui Instagram Story, Rabu (21/9/2022).

PT JTD menyampaikan tidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian tersebut. Hal itu murni karena kesalahan sistem.

“Kejadian tersebut tidak ada unsur kesengajaan dari pihak kami, namun merupakan adanya kegagalan penggolongan oleh sistem akibat terlalu sensitifnya sensor golongan,” imbuhnya.

PT JTD menyatakan telah melakukan pengecekan. Ada dua kejadian yang dialami oleh pengguna jalan.

“Melalui pengecekan yang kami lakukan bahwa ada dua kejadian salah golongan yang kemudian sudah ditangani dan dikembalikan uang selisih tarif sesuai golongan,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal serupa, PT JTD akan meningkatkan keandalan sistem peralatan transaksi dan SOP penanganan yang cepat.

Simak juga video ‘Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing: Percepat Mobilitas Barang’:

[Gambas:Video 20detik]

(mei/fjp)

Leave a Comment