Video Viral, Wanita Tak Bisa Buka Rekening karena Data Diduga Sudah Terdaftar di 21 Rekening Pinjaman, Ini Kata BNI

KOMPAS.com – Sebuah video yang membagikan pengalaman seorang wanita tidak bisa membuka rekening di Bank Negara Indonesia (BNI) viral di media sosial Tik Tok.

Video itu diunggah sendiri oleh akun ini pada Selasa (22/9/2022).

“Mau nangis ga sih? Gue hari ini baru mau bikin rekening BNI gue download aplikasinya, terus pas mau daftar ada tulisan gue udah terdaftar,” tulis pengunggah.

“Gue telpon dong ke CS (red: cutomer service), pas udah telpon dia bilang, “Ibu sudah buka rekening sebanyak 21 rekening pinjaman”,” tambah pengunggah.

Selanjutnya, pengunggah mengakui bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya sempat hilang dan masih dalam pengurusan. Dia menduga, ada oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan data dirinya.

Hingga Senin (26/9/2022), video tersebut telah viral dan menyebar ke media lain, seperti Twitter.

Di Tik Tok sendiri, video itu sudah ditonton oleh 168.000 pengguna dan dikomentari oleh lebih dari 250 warganet.

Baca juga: Viral, Video Pria Mengaku Polisi Disebut Peras Pedagang, Ini Kata Polda Sumut


Penjelasan pengunggah

Saat dihubungi oleh Kompas.com, pengunggah yang bernama Devina Indriani (26) ini membenarkan pengalaman yang dibagikannya melalui video Tik Tok itu.

“Jadi kemarin niatnya mau bikin BNI buat BSU dari pemerintah, eh pas saya bikin (ada) keterangan begini, makanya saya telpon CS,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Adapun keterangan yang dimaksud berisi, “Mohon maaf, identitas Anda telah terdaftar sebagai Nasabah BNI. Anda dapat melakukan pembukaan rekening tabungan melalui BNI Mobile Banking pada menu “Rekeningku” atau kunjungi kantor cabang BNI terdekat. Info lebih lanjut hubungi BNI Call 1500046.”

Selanjutnya, Devina memutuskan untuk menghubungi pihak customer service untuk menanyakan mengapa datanya sudah digunakan padahal sebelumnya dirinya belum pernah mendaftar sebagai nasabah BNI.

“Saya baru telpon customer service. Pas saya tanya pembukaan rekeningnya dari mana, cs-nya bilang langsung datang ke kantor cabang terdekat saja biar lebih jelas,” cerita Devina.

Leave a Comment