Stok Darah TC di PMI Boyolali Sisa 1 Kantong, Jadwal Donor Darah di SMA Kemusu – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Lambang PMI Boyolali. (Istimewa/PMI Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI — Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali hari ini, Senin (31/10/2022), yakni sisa satu kantong untuk semua jenis trombosit atau TC.

Jadwal mobil keliling pada Senin (31/10/2022) yakni di SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali mulai pukul 09.00 WIB – pukul 11.00 WIB

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Berdasarkan Instagram @pmiboyolali, Senin siang, golongan darah jenis TC atau trombosit untuk golongan AB hanya 1 kantong. Data tersebut diunggah di laman Instagram resmi @pmiboyolali, pada Senin pagi.

Data lainnya stok darah di PMI Boyolali yakni sebagai berikut:

Golongan darah A whole blood atau darah lengkap (WB) ada 24 kantong, packed red cell atau sel darah merah (PRC) 42  kantong, dan TC hanya 1 kantong. Sementara golongan darah B WB hanya 25 kantong, PRC sebanyak 43 kantong, dan TC 1 kantong.

Baca juga: Bulan Ramadan, Stok Darah PMI Karanganyar Turun 50%

Selanjutnya golongan darah O WB sebanyak 46 kantong, PRC sebanyak 76 kantong, dan TC 1 kantong. Terakhir yakni golongan darah AB WB sebanyak 10 kantong, PRC sebanyak 9 kantong, dan 01 TC kosong.

Dilansir dari PMI, mengenai stok darah di PMI Boyolali whole blood merupakan bahan baku pengolahan darah yang akan menjadi komponen darah lainnya. WB ini digunakan untuk transfusi tanpa pengolahan lebih lanjut kecuali jika diperlukan.

Selain itu, WB juga digunakan untuk orang yang mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia kehilangan banyak darah. Namun saat ini penggunaan WB sudah dibatasi karena transfusi darah lengkap ini diberikan kepada pasien yang mengalami pendarahan akut.

Kemudian dosis yang diberikan harus didasarkan pada kondisi klinis pasien, perkiraan kehilangan darah dan tindakan lain yang digunakan untuk menjaga stabilitas hemodinamik.

Sementara, PRC memiliki kandungan protein yaitu hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang berasal dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai transportasi makanan.

Baca juga: Donor Darah Harian Jogja Berhasil Mengumpulkan 56 Kantong

Orang yang memiliki Hb rendah atau Anemia biasanya yang menerima transfusi darah PRC.

Terakhir, TC merupakan komponen darah yang berisi trombosit. Trombosit berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan berperan dalam pembekuan darah.

Orang yang menerima transfusi TC biasanya orang-orang yang mengalami trombositopenia (penurunan kadar trombosit) salah satu contohnya pada kasus demam berdarah dan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus.

Masih berdasarkan keterangan Instagram @pmiboyolali mengenai stok darah PMI Boyolali, donor darah bisa dilakukan melalui empat langkah.

Langkah pertama mengisi registrasi dan mengisi formulir pendonor. Langkah kedua pemeriksaan kesehatan pendonor. Langkah keempat melaksanakan donor darah. Langkah kelima yakni istirahat sejenak dan menikmati menu donor sebelum pulang.

Baca juga: PMI SEMARANG : Begini Ketersediaan Darah saat Libur Akhir Tahun…

PMI Boyolali juga menginformasikan bahwa pelayanan darah dan donor darah di Kantor PMI Boyolali buka hingga 24 jam.

Pelayanan donor darah di Boyolali bisa dilakukan di Kantor PMI Boyolali atau menghubungi 087077922341. Pelayanan permintaan darah bisa dilakukan di UTD PMI Boyolali setiap hari selama 24 jam atau melalui nomor telepon 081392242808.

Selain itu, PMI Boyolali juga melayani poliklinik umum dan gigi setiap Senin hingga Sabtu yang dibagi dalam dua jadwal pagi dan sore. Jam buka pagi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Sementara, jam buka sore mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

PMI Boyolali juga melayani posko kebencanaan dan ambulance selama 24 jam dengan nomor telepon kantor 0276 321104. Alamat PMI Boyolali yakni di Jl Randu Asri, Ngebong, Boyolali.

Masyarakat yang merasa sedang sehat dan memenuhi syarat pendonor disarankan melakukan donor darah untuk menjaga stok darah di PMI Boyolali.

Baca juga: PMR Ditebar demi Ajak Tangkal Covid-19 di Sukoharjo

Diberitakan sebelumnya, Ketua PMI Boyolali, Sunarno, menjelaskan stok darah jenis trombosit yang kosong di Boyolali disebabkan karena darah trombosit tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

“Darah jenis trombosit tidak bisa disimpan lebih dari lima hari. Jadi jika lebih dari lima hari, darah jenis trombosit sudah mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan,” ujar dia saat berbincang dengan Solopos.com di CFD Boyolali, Minggu (16/10/2022).

Sunarno mengatakan masa pengolahan darah jenis trombosit memerlukan waktu sekitar lima jam. Setelah itu, darah jenis trombosit bisa disimpan selama kurun lima hari.

Stok darah jenis trombosit di PMI Boyolali akan terbuang jika stok tersebut tidak segera diminta oleh pihak rumah sakit yang bekerja sama dengan PMI.

Karena masa simpan yang terbatas itu, Sunarno menyarankan agar rumah sakit yang sudah menjalin kerja sama dengan PMI bisa mengambil darah jenis trombosit sesegera mungkin, biasanya pada pagi hari.

Baca juga: Stok Golongan Darah Trombosit di PMI Boyolali Menipis Banget, Yuk Donor!

 

Leave a Comment