Steam Umumkan Jadwal Baru “Steam Sale”, Tak Lagi Ada Lunar New Year Sale

KOMPAS.com – Platform distribusi game Steam, mengumumkan jadwal baru ajang pesta diskon “Steam Sale” yang rutin digelar setiap tahun. 

Dari jadwal baru yang diumumkan, diketahui bahwa mulai 2023 mendatang Steam tidak akan lagi menyelenggarakan “Lunar New Year Sale”.

Sebagai gantinya, pesat diskon yang biasanya digelar untuk menyambut Hari Raya Imlek tersebut akan diganti dengan event bertajuk “Spring Sale”.

Dengan menghapus ajang Lunar New Year Sale, Steam akan meninggalkan tradisi yang sudah dilakukan sejak 2016 lalu.

Pemilik platform Steam, Valve, menjelaskan bahwa Lunar New Year Sale mulanya diadakan untuk merayakan masuknya penggemar dan pengembang game yang berasal dari negara Hong Kong, Taiwan, China, dan Korea Selatan.

Baca juga: Kominfo Buka Blokir Steam, Counter Strike, Dota, dan Yahoo Hari Ini

Kedatangan deretan pengembang dari kawasan Asia tersebut diklaim telah membantu menyemarakkan penjualan game di Steam.

Namun setelah melakukan peninjauan lebih lanjut, Valve menilai bahwa ajang Lunar New Year Sale kerap digelar terlalu dekat dengan pesta diskon akhir tahun yang selalu berlangsung di bulan Desember.

“Kami menduga pelanggan akan lebih baik dilayani dengan durasi waktu yang sedikit lebih banyak di antara penjualan musiman besar di Steam,” tulis Valve.

Secara garis besar, pesta diskon Spring Sale bakal mengusung konsep yang serupa layaknya ajang potongan harga di musim lainnya, seperti musim panas (Summer), musim gugur (Autumn) dan musim dingin (Winter).

Selama ajang promosi tersebut berlangsung, halaman depan Steam Store akan memiliki tata letak yang berbeda dengan fokus pada penawaran promosi game.

Pengembang game masih diberikan keleluasaan untuk merilis game selama ajang “Steam Season Musiman”, meski game yang baru dirilis tidak akan menerima highlight khusus seperti pada hari-hari di luar event.

Baca juga: Daftar Game Gratis Baru di PC Game Pass, Ada Deathloop

Selengkapnya, jadwal Steam Sale terbaru periode akhir tahun 2022 hingga awal 2023 bisa disimak sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Steam, Kamis (29/9/2022).

  • Autumn Sale: 22-29 November 2022.
  • Winter Sale: 22 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023.
  • Spring Sale: 16-23 Maret 2023.
  • Summer Sale: Juni setiap tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Comment