Simak Aturan, Jadwal dan Titik Lokasinya!

Jakarta

Ganjil genap G20 Bali akan diberlakukan dalam rangka menyukseskan rangkaian kegiatan KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Aturan ganjil genap di Bali akan diberlakukan selama sepekan di sejumlah titik lokasi di Bali.

Simak informasi lengkapnya seputar aturan ganjil genap G20 Bali seperti dilansir detikBali berikut ini.

Ganjil Genap Selama KTT G20 Bali

Dalam rangka persiapan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali memberlakukan aturan ganjil genap G20 Bali. Pemberlakukan aturan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2022 yang ditandatangani Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno

Untuk diketahui, aturan ganjil genap berlaku hanya untuk plat kendaraan tertentu yang boleh melintas di beberapa ruas jalan diterapkannya ganjil genap yakni plat kendaraan harus sesuai dengan tanggal di hari itu. Plat kendaraan yang tidak sesuai aturan tentunya akan diputar balik dan tidak diizinkan melintasi di kawasan ganjil genap.

Ganjil Genap G20 Bali: Simak Aturan, Jadwal dan Titik Lokasinya!Ganjil Genap G20 Bali: Simak Aturan, Jadwal dan Titik Lokasinya! | Foto: I Wayan Sui Suadnyana

Jika ada pengendara yang melanggar aturan ganjil genap, maka akan dikenai tilang. Dalam aturan ganjil genap G20 Bali sendiri, Polda Bali melakukan pemantauan menggunakan alat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengendara yang melanggar.

“Oh tidak (ada tindakan penilangan), hanya sosialisasi, mengimbau masyarakat juga harus ikut membantu dan mendukung pelaksanaan KTT G20 sehingga semua berjalan dengan lancar, aman dan nyaman,” kata Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali AKBP Made Suarjana

Meski begitu, ada pula beberapa jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas saat dilakukannya aturan ganjil genap G20 Bali. Berikut daftar kendaraan yang terbebas dari aturan ganjil genap di Bali:

  • Kendaraan pimpinan lembaga negara RI
  • Kendaraan menteri dan pimpinan lembaga non pemerintah non kementerian.
  • Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
  • Kendaraan dinas dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dinas berwarna dasar merah dan/atau nomor dinas TNI/POLRI
  • Kendaraan pemadam kebakaran
  • Ambulans
  • Kendaraan angkutan umum dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berwarna dasar kuning.
  • Kendaraan berstiker yang diterbitkan Panitia Nasional KTT G20
  • Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)
  • Kendaraan penyandang disabilitas
  • Mobil Derek
  • Kendaraan untuk kepentingan tertentu.

Jadwal Ganjil Genap G20 Bali

Aturan ganjil genap G20 Bali akan diberlakukan selama sepekan selama berlangsungnya rangkaian kegiatan KTT G20 di Bali. Berikut ini informasi jadwal kapan diberlakukannya aturan ganjil genap di Bali:

  • Tanggal: 11-17 November 2022
  • Waktu: mulai 06.00-22.00 Wita.

Lokasi Ganjil Genap G20 Bali

Ganjil genap G20 Bali akan diterapkan di 10 ruas jalan sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai hingga Nusa Dua. Berikut ini daftar 10 titik lokasi diberlakukannya ganjil genap G20 Bali:

  1. Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur
  2. Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran
  3. Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai
  4. Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua
  5. Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa
  6. Simpang Lapangan Terbang (Denpasar)-Tugu Ngurah Rai
  7. Jimbaran-Uluwatu
  8. Jalan Tol Bali Mandara
  9. Jalan Uluwatu II
  10. Jalan Raya Kampus Udayana

Demikian informasi tentang aturan ganjil genap G20 Bali yang mulai diberlakukan pada tanggal 11 November di sejumlah titik lokasi di Bali dalam rangka menyukseskan kegiatan KTT G20 di Bali.

(wia/imk)

Leave a Comment