Penyebab Treacher Collins Syndrome, Diidap TikToker Viral Surya Manurung

Jakarta

Tiktoker Surya Manurung kini viral lagi seusai membagikan momen mesra dengan istrinya. Sebelumnya, pemuda Asahan ini juga sempat viral di TikTok lantaran kondisi yang diidapnya, yakni Treacher Collins Syndrome.

Akibat kondisi tersebut, wajah Surya Manurung terlihat unik dan berbeda dari yang lainnya. Dikutip dari Medical News Today, Treacher Collins Syndrome adalah kondisi langka saat bayi terlahir dengan kelainan bentuk mata, telinga, kelopak mata, tulang pipi, dan tulang rahang.

Kondisi ini masih belum diketahui obatnya, namun orang yang mengidap penyakit ini bisa menjalani sejumlah perawatan seperti operasi.

Adapun Treacher Collins Syndrome disebabkan oleh mutasi pada salah satu dari tiga gen, yakni

Mutasi pada gen TCOF1 menyebabkan syndrome pada 90-95 persen orang dengan Treacher Collins Syndrome. Mutasi pada gen POLR1C atau POLR1D menyumbang sekitar 8 persen orang dengan Treacher Collins Syndrome.

Semua gen ini memainkan peran penting dalam perkembangan awal tulang dan jaringan wajah. Ketika mereka bermutasi, sel-sel tertentu yang terlibat dalam perkembangan tulang dan jaringan wajah akan hancur sendiri.

Simak Video “Kemenkes Wanti-wanti Risiko Konsumsi Gula Berlebih
[Gambas:Video 20detik]
(suc/vyp)


Leave a Comment