Jelang Jadwal Liga Inggris Chelsea vs Arsenal, Arteta Tepis Spekulasi Soal Jadi Pelatih Barcelona

TEMPO.CO, Jakarta – Arsenal akan menjalani pertandingan berat saat jadwal Liga Inggris pekan ke-15 bergulir akhir minggu ini. mereka akan berlaga di kandang Chelsea, pada Ahad malam, 6 November 2022.

Menjelang laga penting itu, pelatih Arsenal Mikel Arteta justru dihadapkan pada isu yang bisa mengalihkan konsentrasinya. Ia disebut-sebut sebagai calon pelatih Barcelona.

Media di Spanyol melaporkan, Arteta kini menarik minat dari FC Barcelona. Kiprah pelatih ini, yang pernah menimba ilmu di akademi Camp Nou, bersama Arsenal disebut membuat Barca terkesan. 

Posisi Xavi di Barcelona saat ini memang tengah tertekan. Kegagalan lolos ke babak 16 besar Liga Champions, membuat ia mulai dikabarkan akan diganti.

Ketika ditanya soal rumor ini, Arteta dengan cepat menepis spekulasi tersebut. “Apa yang bisa saya katakan adalah saya senang dan bangga berada di tempat saya sekarang,” katanya dalam konferensi pers jelang laga Liga Europa melawan FC Zurich.

“Saya pikir Barcelona sekarang berada di jalur yang sangat bagus, saya pikir mereka memiliki pelatih fenomenal – pelatih yang telah menjadi legenda di klub dan telah mengangkat tim. Saya pikir Anda harus sangat menghormati itu,” tambahnya.

Sebagai pemain, Arteta pernah digembleng Barcelona sejak direkrut pada usia 15 tahun. Namun, ia gagal menembus tim utama. Ia malah dipinjamkan ke Paris Saint-Germain (PSG) pada Desember 2000.

Setelah karier bermain yang mengesankan, Arteta bekerja di bawah mantan bos Barcelona, Pep Guardiola di Manchester City sebelum mengambil alih kursi kepelatihan Arsenal pada akhir 2019.

Arteta menghadapi kritik periode awalnya sebagai pelatih Arsenal. Tetapi setelah berbulan-bulan berjuang, juru taktik Spanyol itu memantapkan dirinya sebagai pelatih top dan membawa The Gunners ke puncak Liga Inggris.

Sementara itu, Barcelona, selain telah tersingkir dari Liga Champions, mereka juga berada di bawah Real Madrid pada klasemen sementara La Liga.

Sebelum melawan Chelsea, Arsenal akan terlebih dahulu menghadapi Zurich di Liga Europa malam ini. Bila menang, The Gunners bisa lolos ke babak 16 besar.

Setelah itu, pada akhir pekan, tugas besar lain menanti Arsenal. Mereka membutuhkan kemenangan di kandang Chelsea demi menjaga posisi di puncak klasemen Liga Inggris karena kini hanya unggul dua angka dari Manchester City.

Selanjutnya: Jadwal Liga Inggris Selengkapnya

Leave a Comment