Jadwal UEFA Nations League Inggris vs Jerman, Gareth Southgate dan Three Lions Panik?

TEMPO.CO, Jakarta – Pertandingan Inggris vs Jerman akan hadir pada matchday keenam Grup A3 UEFA Nations League. Duel tim bertabur bintang ini akan berlangsung di Wembley Stadium, London, pada Selasa dinihari, 27 September 2022 mulai pukul 01.45 WIB.

Manajer timnas Inggris Gareth Southgate mengakui bahwa skuad The Three Lions menghadapi tekanan setelah terdegradasi ke Liga B UEFA Nations League. Mereka turun kasta setelah menderita kekalahan 1-0 dari Italia di Milan pada hari Jumat lalu.

Kekalahan ketiga dalam lima pertandingan telah memberi tekanan pada Southgate yang akan membawa Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar kurang dari dua bulan lagi. Ia pun tak bisa bersembunyi dari sejumlah kritik atas buruknya penampilan Inggris di UEFA Nations League.

“Hasilnya belum pada level yang kami inginkan dan yang kami butuhkan, jadi apa pun pekerjaan yang Anda miliki di sepak bola, itu akan terjadi,” kata Southgate menjelang pertandingan grup terakhir di Stadion Wembley, dikutip dari Reuters, pada Senin, 26 September 2022. 

“Tentu saja, dengan tim nasional, kebisingan akan lebih keras dan lebih luas, saya mengerti itu. Saya tidak menyembunyikannya, kami juga tidak menikmatinya tetapi kami harus terus melakukan hal yang benar setiap hari untuk terus berkembang,” ujar dia menambahkan.

Southgate memimpin Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa tahun lalu. Namun, timnas Inggris terpuruk. Dalam beberapa bulan terakhir, Harry Kane dan kawan-kawan gagal mencetak gol dari permainan terbuka dalam lima pertandingan terakhir. Inggris hanya mengantongi dua hasil imbang dari lima laga UEFA Nations League. 

Mantan manajer Middlesbrough itu mengatakan dia sudah cukup lama berkecimpung di dunia sepak bola untuk menghadapi tekanan. “Saya telah berada di sepakbola selama 30 tahun. Sebagai pemain atau pelatih, saya telah melihat hampir semuanya termasuk siklus berhadapan dengan media.

“Kami berada di tengah-tengah itu, ini adalah pengalaman yang saya tahu di beberapa titik dan mungkin akan datang ketika saya melakukan pekerjaan ini. Jadi saya harus menerimanya,” ujar Southgate.

Adapun penyerang timnas Inggris, Raheem Sterling, mengatakan timnya yakin bisa membalikkan keadaan dengan memetik kemenangan atas Jerman. “Dalam sepak bola ada pasang surut, ini bukan waktu untuk panik. Pertandingan besok adalah kesempatan lain, di depan para penggemar, untuk mengambil langkah ke arah yang benar.”

Jerman adalah pertandingan terakhir Inggris sebelum Southgate mengumumkan skuadnya untuk Piala Dunia 2022. Mereka akan menghadapi Iran, Amerika Serikat dan Wales di babak penyisihan grup.

Baca juga : Piala Dunia 2022: Profil Timnas Belanda di Grup A, Selamat Datang De Oranje

Leave a Comment