Jadwal Timnas Indonesia Padat pada 2023, PSSI Berencana Adakan Pelatih Pengganti

TEMPO.CO, Jakarta – Timnas Indonesia akan berlaga di sejumlah turnamen penting pada 2023 dengan jadwal yang berdekatan, mulai Piala Dunia U-20 hingga Piala Asia. Pelatih Shin Tae-yong bakal dihadapkan pada jadwal yang padat.

Shin Tae-yong menangani tiga tim sekaligus selama ini, yakni Timnas Indonesia senior, Timnas U-23, dan Timnas U-19. Jika beban kerjanya tidak berubah tahun depan, pelatih Korea Selatan itu tentu akan sangat sibuk menjalankan tugasnya.

Jadwal yang padat itu sebenarnya dimulai Desember 2022. Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF. Turnamen ini akan digelar pada 24 Desember 2022-15 Januari 2023. 

Berikutnya, Shin Tae-yong akan mempersiapkan tim untuk Piala Asia U-20 di Uzbekistan. Garuda Nusantara akan mengikuti Piala AFC U-20 dari 1-18 Maret 2023. 

Setelah itu, Piala Dunia U-20 pun menanti Shin Tae-yong. Turnamen ini akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Berstatus sebagai tuan rumah, pelatih Korea Selatan itu dibebani target minimal lolos fase grup.

Berdekatan dengan Piala Dunia U-20, Shin Tae-yong juga harus menyiapkan tim yang berlaga di SEA Games Kamboja 2023. Gelaran pesta olahraga ini Asia Tenggara ini akan berlangsung pada 5-16 Mei 2023.

Shin Tae-yong selanjutnya harus menyiapkan Skuad Garuda untuk Piala AFC Senior. Turnamen ini digelar pada  16 Juni-16 Juli 2023. Terakhir kali Indonesia ikut Piala AFC pada 2007. 

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan akan mendiskusikan soal adanya pelatih pengganti.

“Tahun depan padat ada SEA Games, Piala Dunia U-20. Kami akan diskusikan nanti, pasti ada pelatih pengganti. Tentu saja atas izin Shin,” kata Iriawan, Selasa, 27 September 2022. 

Untuk rencana jangka pendek, Shin Tae-yong berencana menggelar pemusatan latihan Timnas U-19 pada Oktober. “Saya dan Timnas U-19 akan menggelar TC pada 10 Oktober-4 Desember 2022,” ujar dia.

Ketum PSSI menyebut Shin Tae-yong telah meminta TC Timnas U-19 di luar negeri. Negara yang dituju adalah Spanyol dan Portugal.

“Saya minta juga ke Belanda. Karena biar bisa lihat pemain keturunan di sana. Mungkin akhir Oktober ke sana,” ujar Iriawan. 

Untuk program naturalisasi pemain, Iriawan menambahkan, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan tim akan segera berangkat ke Belanda karena ada dua pemain yang akan dinaturalisasi.

“Ada dua nama yang sudah oke. Kemudian ada yang masih dilakukan pendekatan lagi dan juga meyakinkan keluarganya,” kata Iriawan.

Timnas Indonesia baru saja menjalani dua laga FIFA Matchday periode September 2022, menghadapi Timnas Curacao. Tim asuhan Shin Tae-yong berhasil memenangi dua laga tersebut dengan skor 3-2 dan 2-1. Kemenangan itu membuat peringkat FIFA Indonesia naik tiga tingkat menjadi 152 dunia. 

Baca Juga: Timnas Indonesia 2 Kali Kalahkan Curacao, shin Tae-yong Ingin Lawan yang Berperingkat Lebih Tinggi

Leave a Comment