Jadwal Pertandingan NBA Sabtu, Duel Seru Suns vs Blazers, Cavaliers Jaga Jarak, Lakers Tantang Jazz

Tribun-Medan.com – Dua klub yang bercokol di puncak-puncak divisi kompetisi basket NBA musim 2022-2023, Phoenix Suns dan Portland Trail Blazers, akan berhadapan di Footprint Center, Phoenix, Arizona, Sabtu (5/11/2022) pagi WIB.

Suns yang memiliki rekor menang kalah 6-1 memimpin Divisi Pasifik, sedangkan Blazers, yang memenangkan lima dari tujuh pertandingan, menguasai Divisi Barat Laut (Northwest). Di klasemen umum, keduanya sama-sama berada di Wilayah Barat (Western Conference), Suns dan Blazers menempati posisi satu dan dua.

Statistik yang rapat ini membuat laga diprediksi berjalan seru. Jika menang, terutama dengan margin keunggulan lebar, Blazers bisa saja mengkudeta Suns dari puncak klasemen.

Sejauh manakah peluangnya? Berat, tapi kemungkinannya tidak tertutup. Apalagi faktanya, satu-satunya kekalahan Suns sejauh ini justru didapat dari Blazers. Pada laga di Moda Center, Portland, 23 Oktober 2022, melalui overtime (perpanjangan waktu), Blazers menekuk Suns 113-111.

CETAK SKOR - Pemain Portland Trail Blazers Damian Lillard (paling kanan kostum merah) melompat untuk melempar bola yang menghasilkan skor pada pertandingan NBA versus Phoenix Suns di Moda Center, Portland, Oregon, 22 Oktober 2022. Suns dan Blazers berlaga kembali di Footprint Center, Phoenix, Arizona, Sabtu (5/11/2022) pagi WIB.
CETAK SKOR – Pemain Portland Trail Blazers Damian Lillard (paling kanan kostum merah) melompat untuk melempar bola yang menghasilkan skor pada pertandingan NBA versus Phoenix Suns di Moda Center, Portland, Oregon, 22 Oktober 2022. Suns dan Blazers berlaga kembali di Footprint Center, Phoenix, Arizona, Sabtu (5/11/2022) pagi WIB. (NBAE/AFP/Cameron Browne)

Sejak laga pertama pada 11 November 1970, Suns dan Blazers telah terlibat dalam 238 bentrok. Suns unggul 128 berbanding 110. Termasuk di antaranya tiga kemenangan di lima laga terakhir.

Namun pada pertandingan 23 Oktober, Blazers menunjukkan dominasi. Padahal ketika itu, Suns turun dengan komposisi terbaik pada starting line up. Mikal Bridges dan Cameron Johnson untuk forward, Deandre Ayton di posisi center, serta duet guard Devin Booker dan Chris Paul.

Ayton telah “menghilang” dari line up di dua laga terakhir karena mengalami cedera, dan belum ada kepastian apakah di laga ini dia bisa kembali. Pelatih Suns, Monty Williams, dalam cuitannya di Twitter menyebut Ayton sudah kembali berlatih. Namun saat ditanya wartawan di konferensi pers, Williams tidak memberi jawaban konkret.

“Di dua pertandingan terakhir kami (Bismack) Biyombo bermain bagus. Jadi untuk Ayton? Kita lihat saja nanti. Pastinya dia sudah ada dalam latihan kami,” ujarnya.

Biyombo masuk menggantikan Ayton saat Suns menjamu New Orleans Pelicans. Dia bermain selama 23 menit dan langsung mencetak double-double (pemain mencetak dua digit angka pada dua dari lima parameter statistik: poin, rebound, assist, steal, dan block): 11 poin dan 13 rebound.

KAWAL - Pemain Phoenix Suns Bismack Biyombo (kiri) mengawal pergerakan pemain Dallas Mavericks Luka Doncic pada satu momentum pertandingan NBA 2022-2023 di Footprint Center, Phoenix, Arizona, 20 Oktober 2022. Suns akan berhadapan dengan Portland Trail Blazers pada laga lanjutan NBA di tempat yang sama, Sabtu (5/11/2022) pagi WIB.
KAWAL – Pemain Phoenix Suns Bismack Biyombo (kiri) mengawal pergerakan pemain Dallas Mavericks Luka Doncic pada satu momentum pertandingan NBA 2022-2023 di Footprint Center, Phoenix, Arizona, 20 Oktober 2022. Suns akan berhadapan dengan Portland Trail Blazers pada laga lanjutan NBA di tempat yang sama, Sabtu (5/11/2022) pagi WIB. (AFP/Christian Petersen)

Namun di dua laga berikutnya kecemerlangan Biyombo surut. Versus Houston Rockets (1 November, Suns menang 124-109) Biyombo mencetak 5 poin dan 5 rebound sepanjang 22 menit keberadaannya di lapangan.

Adapun kala bersua Minesotta Timberwolves (3 November, Suns menang 116-107), selama setengah jam bermain ia hanya melesakkan 8 poin, 4 rebound, dan 1 assist.

Pertanyaannya, apakah performa seperti ini cukup bagus untuk menghadapi Portland Trail Blazers yang tajam dan agresif? Ada nada kekhawatiran pada kalimat Monty Williams. Namun sekiranya Ayton memang belum bisa bermain, dia memang tidak punya pilihan lain.

Ketat
Persaingan ketat juga terjadi di Wilayah Timur (Eastern Conference). Dua pemimpin klasemen, Milwaukee Bucks dan Cleveland Cavaliers, berupaya memperpanjang rekor kemenangan.

Bucks masih menjadi satu-satunya tim di NBA musim 2022-2023 yang belum disentuh kekalahan. Mereka akan terbang ke Minneapolis, ke Target Center, kandang Minesotta Timberwolves. Performa Timberwolves terbilang angin-anginan. Delapan kali berlaga, mereka menang 4 kali dan kalah 4 kali.

Leave a Comment