Jadwal Libur Liga ketika Piala Dunia 2022 Berlangsung

FIFA resmi mengubah jadwal Piala Dunia 2022 dari bulan Juni-Juli ke November sampai Desember. Perubahan tersebut sangat berpengaruh dengan pertandingan di Liga-Liga dunia yang harus memadati jadwal mereka, sebelum harus menghentikannya secara sementara selama sebulan penuh.

Berikut adalah informasi mengenai dampak besar dari perubahan jadwal di Liga, ketika Piala Dunia akan berlangsung.

Joshua Kimmich

FC Bayern Muenchen / Stuart Franklin/GettyImages

Salah satu kompetisi yang melahirkan banyak bakat-bakat muda, Bundesliga terbilang menjadi Liga paling sehat dari segi jadwal pertandingannya.

Sebelum bergulirnya laga perdana Piala Dunia 2022 di 21 November, mereka sudah libur sejak antara tanggal 12 dan 13 November, lalu Liganya kembali berjalan di pertengahan Januari 2023 atau sekitar sebulan usai turnamen empat tahunan itu akan berakhir.

Stefano Pioli, Pierre Kalulu, Ciprian Tatarusanu, Tiemoue Bakayoko, Antonio Mirante, Daniel Maldini, Salvatore Rossi, Mike Maignan, Franck Kessie, Fode Ballo-Toure, Matteo Gabbia, Ismael Bennacer, Sandro Tonali, Alessandro Florenzi, Rafael Leao, Fikayo Tomori, Alessio Romagnoli, Simon Kjaer, Davide Calabria, Luigi De Siervo, Junior Messias, Alexis Saelemaekers, Zlatan Ibrahimovic, Brahim Diaz, Ante Rebic, Samu Castillejo, Olivier Giroud, Marko Lazetic, Theo Hernandez, Rade Krunic

AC Milan lifts the Scudetto trophy / Nicolò Campo/GettyImages

Perubahan jadwal yang dilakukan oleh kompetisi Liga Italia, sejatinya hampir sama terlihat layaknya Bundesliga, mengingat mereka akan menjalani laga terakhirnya sebelum Piala Dunia 2022 di tanggal 12 dan 13 November.

Namun, kompetisi Liga italia akan kembali berjalan lebih cepat ketimbang Bundesliga yang pekan-16 nanti, dijalankan pada tanggal 4 Januari 2023 dibuka dengan laga Salernitana melawan AC Milan.

Paris Saint-Germain FC v FC Nantes - French Super Cup

Paris Saint-Germain FC / Amir Levy/GettyImages

Para pemain-pemain Ligue 1 yang akan membela negaranya di Piala Dunia 2022, ternyata tidak mendapatkan waktu libur terlalu panjang usai menyelesaikan turnamen itu.

Sebab, setelah menjalani pekan terakhir di tanggal 13 November sebelum berjalannya ajang empat tahunan itu, kompetisi akan kembali berjalan sebelum tahun baru 2023 atau pada tanggal 28 Desember yang hanya berselang sepuluh hari dari partai final Piala Dunia.

FBL-AFC-INA-PERSIJA JAKARTA-BECAMEX BINH DUONG

Ilustrasi Supporter Persija Jakarta / ADEK BERRY/GettyImages

Indonesia memang tidak berpartisipasi di Piala Dunia 2022, namun animo masyarakat yang terlalu besar terhadap kejuaraan dunia tersebut, nampaknya sedikit berpengaruh ke jadwal Liga 1.

Meski tak seutuhnya akan libur, Liga 1 tercatat takkan menjalani pertandingan saat laga pembuka (21 November) dan final (18 Desember) Piala Dunia di Qatar mendatang.

Karim Benzema, Sergio Busquets

FC Barcelona v Real Madrid / Soccrates Images/GettyImages

Ajang La Liga juga nampak tidak terlalu punya banyak waktu libur. Setelah kompetisi berhenti di tanggal 11 November sampai 29 Desember lantaran Piala Dunia 2022, mereka tercatat hanya diberi jeda selama sekitar 11 hari.

La Liga musim 2022/2023 kembali dijalankan pada akhir tahun 2022 nanti (31 Desember).

Trent Alexander-Arnold, Marcus Rashford

Manchester United v Liverpool FC / Michael Regan/GettyImages

Di antara lima liga top Eropa lainnya, Liga Inggris terbilang kompetisi yang memiliki jadwal paling padat. Maka dari itu, tak heran apabila mereka tidak punya waktu istirahat panjang.

Liga Inggris berhenti pada tanggal 13 November, lalu kembali berjalan di boxing day atau di 26 Desember 2022 nanti.

Leave a Comment