Info Kartu Prakerja Gelombang 46: Jadwal, Syarat, Cara Daftar

PIKIRAN RAKYAT РHasil evaluasi Kartu Prakerja Gelombang 45 baru saja diumumkan pada Senin, 26 September 2022 kemarin. Setelah Kartu Prakerja Gelombang 45 usai, banyak masyarakat yang mulai bertanya-tanya perihal jadwal Prakerja Gelombang 46.

Jadwal Kartu Prakerja Gelombang 46 akan segera diumumkan oleh pelaksana Program Kartu Prakerja.

Sebelum mendaftar, kalian harus lebih dulu tahu syarat dan ketentuan mengenai pendaftaran Kartu Prakerja, serta tahapan yang akan dilalui selama program berlangsung di bawah ini.

Program Kartu Prakerja sendiri merupakan sebuah program yang dilaksanakan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan para pencari kerja, buruh yang menjadi korban PHK atau membutuhkan peningkatan kompetensi, dan para pelaku usaha mikro atau kecil.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Persib Bandung vs Persija Jakarta, Lengkap dengan Syarat

Dengan menggandeng pelaku usaha di sektor swasta, program Kartu Prakerja ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.


Berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin mendaftar Kartu Prakerja:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Merupakan seorang pencari kerja, buruh yang menjadi korban PHK atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial dalam bentuk apapun selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan seorang pejabat negara, pimpinan/anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, kepala desa dan perangkatnya, dan anggota BUMN atau BUMD.
  6. Dalam satu buah Kartu Keluarga (KK), hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang berbeda sebagai penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga: 4 Tips Ini Dapat Dilakukan setelah Kena PHK, Bisa Langsung Cari Pekerjaan Baru?

Cara Daftar Kartu Prakerja

  1. Pendaftaran. Tahap pendaftaran ini dapat dilakukan di situs prakerja.go.id dengan mempersiapkan data diri, seperti e-mail, NIK, nomor KK, dan nomor HP.
  2. Seleksi. Akan ada tes motivasi dan kemampuan dasar sebelum bisa mengikuti seleksi gelombang.
  3. Pilih jenis pelatihan. Kalian bisa memilih jenis pelatihan yang kalian minati di Mitra Platform Digital dan membayarnya dengan Kartu Prakerja.
  4. Ikuti pelatihan. Jalani setiap sesi pelatihan demi mendapatkan sertifikat.
  5. Beri rating dan ulasan. Setelah sesi pelatihan usai, berikan rating dan ulasan kalian.
  6. Insentif biaya mencari kerja. Kalian bisa mendapatkan insentif sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama empat bulan setelah masa pelatihan usai. Hal ini bisa kalian dapatkan dengan menyambungkan rekening/e-wallet pada salah satu Mitra Pembayaran.
  7. Insentif pengisian survei evaluasi. Dengan mengisi tiga survei yang diberikan, kalian bisa mendapatkan insentif sebesar Rp50.000 untuk setiap surveinya. 

Itulah syarat dan cara untuk mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 46. (Annisa Roffina Nurprili)***

Leave a Comment