5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Kredit HP Baru Saat Harbolnas

Agar pembelian handphone dengan metode kredit saat Harbolnas menjadi lebih efisien, lebih baik simak 5 hal ini terlebih dahulu. Foto: Dok. Kredivo
Harbolnas memang momen yang paling ditunggu-tunggu bagi orang yang sedang mencari barang idaman. Ya, berbagai promo dan diskon yang berlaku untuk aneka metode pembayaran memang begitu menggiurkan banyak orang, tak terkecuali kredit handphone tanpa uang muka.
Namun, sebaiknya kamu tidak tergesa-gesa ketika mau membeli HP baru di momen Harbolnas. Terlebih jika kamu mau memanfaatkan kredit HP tanpa uang muka. Pasalnya, tagihan di bulan selanjutnya bisa menjadi beban apabila kamu tidak mempersiapkannya dengan matang.

Agar pembelian handphone dengan metode kredit saat Harbolnas menjadi lebih efisien, lebih baik perhatikan 5 hal ini terlebih dahulu. Apa saja?

1. Apakah Kamu Membutuhkan HP Tersebut?

Tidak sedikit orang yang membeli HP baru hanya untuk mengikuti tren semata, bukan lantaran kebutuhan. Contohnya, ada iPhone keluaran terbaru, yaitu iPhone 14 yang membuat kamu tergiur untuk membelinya, padahal HP yang kamu miliki masih berfungsi dengan baik.

Sebelum mengajukan kredit untuk membeli HP, lebih baik tanyakan diri sendiri, apakah kamu betul-betul membutuhkan HP tersebut, atau sekadar keinginan dan gengsi semata?

Jika termasuk kebutuhan penting, maka kredit HP tanpa uang muka bisa jadi solusi. Bila sebaliknya, lebih baik gunakan untuk keperluan lain, sebab kredit baru artinya sama dengan menambah beban keuangan baru.

2. Apakah HP Lama Masih Bisa Digunakan?

Apabila kamu merasa harus ganti HP untuk kebutuhan penting, tidak ada salahnya mengecek terlebih dahulu apakah HP lama masih bisa digunakan atau mungkin cukup diservis. Terlebih jika tahun rilisnya masih belum terlalu lama, misalnya masih 2 tahun ke belakang.

Kamu bisa mengecek status garansi atau membawa HP ke service center baik yang resmi maupun tidak. Selain memeriksa kekurangan unitnya, di sana kamu bisa sekalian dan estimasi biaya servis. Kalau dirasa masih bisa sembuh atau kembali normal dengan servis, dan biayanya masuk akal dibanding beli baru, tidak ada salahnya untuk coba servis dulu.

Lain halnya jika kamu merasa HP yang dipakai saat ini tidak bisa lagi menunjang aktivitas atau kebutuhan sehari-hari. Contohnya RAM yang kurang besar atau kamera yang tidak memadai. Alasan ini bisa menguatkan Anda untuk membeli HP baru saat Harbolnas nanti.

3. Berapa Kemampuan Bayar Anda?

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan kredit HP di Momen Harbolnas ialah menghitung berapa bujet yang bisa disisihkan per bulan untuk angsurannya. Misalnya Rp500 ribu atau Rp1 juta per bulan buat cicilan, dengan estimasi total harga HP maksimal Rp5 juta.

Apabila Anda sudah tahu kemampuan bayar, Anda bisa mencari tipe HP yang pas, baik secara kebutuhan maupun bujet. Misalnya, budget maksimal Anda adalah Rp5 juta, sementara Anda butuh HP dengan RAM 4GB sampai 6 GB, maka Anda bisa mulai riset HP apa saja yang punya RAM 4GB atau 6GB yang harganya pas sesuai kemampuan.

4. Pilih Layanan Kredit yang Tepat

Di merchant online atau offline, saat ini umumnya tersedia dua opsi kredit yaitu dengan kartu kredit atau dengan aplikasi kredit HP tanpa uang muka, seperti Kredivo. Bagi kamu yang sudah punya kartu kredit, kamu bisa dengan mudah langsung transaksi sesuai dengan layanan kredit yang berlaku.

Sementara buat yang belum punya akses kredit, jangan bingung. Sebab, kamu juga bisa dengan mudah daftar akun Kredivo supaya punya akses cicilan. Caranya, unduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, lalu daftar dan penuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan.

Di Kredivo, kredit HP bisa dilakukan dengan dua opsi program, yaitu cicilan 0% untuk tenor 3 bulan atau cicilan dengan tenor 6 sampai 12 bulan dengan bunga 2,6% per bulan. kamu bisa gunakan aplikasi kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo di berbagai merchant seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.id, sampai merchant offline seperti Erafone, Xiaomi Store, atau Samsung Store.

Selain sejumlah hal di atas, perkara lain yang tak boleh terlupa adalah menggabungkan diskon e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Kredivo yang juga menawarkan diskon besar-besaran pada Harbolnas nanti. Langkah ini bisa membantumu untuk lebih berhemat.

Kredivo memberikan promo diskon akhir tahun, yaitu cicilan 0% untuk tenor 6 bulan, serta gratis satu kali cicilan, dengan minimal pembelanjaan Rp5 juta, untuk tenor 12 bulan. Selain bisa makin hemat dengan kombinasi promo dari Kredivo, sistem kredit yang disediakan juga bisa melancarkan arus keuanganmu. Jadi, jika ada barang incaran yang cukup mahal, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, atau menguras tabungan.

Promo harbolnas memang menggiurkan, tapi kalau tidak dihadapi dengan cerdik, bisa jadi Anda kalap, dan keuangan bisa berantakan. Jadi, tetap bijak dalam mengambil cicilan, ya!

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Kredivo

Leave a Comment